Bisnis kreatif di Indonesia
sungguh luar biasa, mulai dari dunia intertain sampai produk hand made dengan
branded lokal, mampu menembus pasar internasional. Modal utama dari bisnis
kreatif adalah sebuah ide yang memiliki nilai bisnis atau komersil yang
terlintas di pikiran dan perlu sedikit keberanian untuk merealisasikan ide
tersebut. Mewujudkan sebuah ide memang tidak semudah yang dibayangkan, banyak
hal – hal lain yang harus di upayakan untuk menopang terwujudnya ide - ide
tersebut.
Ide – ide kreatif bisa di
dapat di mana saja dan kapan saja, dan jangan sampai ide bisnis yang pernah
terlintas di benak pikiran kita terlewatkan begitu saja. Contoh ide kreatif
sederhana.
1. Sandal
jepit rumahan yang di lukis dengan motif unik dengan menggurat bantalan sandal.
2. Membangun
bisnis jual beli online lokal dengan sistem COD.
3. Mendaur
ulang limbah elektronik menjadi kerajian tangan.
4. Membuat
vektor unik untuk desain kaos.
5. Membuat
tamplete blog.
6. Tas
unik dari gelas minuman ringan.
7. Asbak
unik dari akar pohon.
8. Lampu
hias dari limbah kaca.
9. Ide
kreasimu sendiri..............
Tentunya masih banyak lagi ide
kreatif lainnya dari para pembaca untuk dapat di olah sesuai kreasi masing –
masing, sehingga memiliki nilai komersil. Semangat dan konsistensi dalam
membangaun sebuah ide kreatif akan menjadikan ide kreatif tersebut menghasilkan
pendapatan yang jumlahnya tergantung dengan keinginan pembaca, Apabila
menginginkan penghasilan yang luar biasa dari ide kreatif tentunnya perlu
keseriusan dan strategi marketing yang baik sehingga produk ide kreatif
tersebut dapat diterima pasar.
Langkah – langkah awal yang
harus dilakukan setelah mendapatkan ide kreatif adalah.
1. Menganalisa
kondisi market apakah dapat menerima bisnis kreatif anda.
2. Menentukan
target pasar.
3. Menganalisa
resiko bisnis.
4. Mendata
ketersediaan bahan di daerah anda.
5. Mendata
ketersediaan sumber daya manusia yang dapat diajak kerjasama dalam menghasilkan
produk kreatif anda.
6. Membuat
strategi pemasaran.
7. Mendata
potensi market yang dapat dijadikan patner bisnis dalam memasarkan produk anda.
Setelah semua langkah telah
dilakukan selebihnya insting bisnis anda yang secara otomatis akan mengarahkan
anda dalam mengembangkan bisnis kreatif tersebut dan membangunnya lebih besar.
Tren pasar dan keinginan pasar tentunnya tidak dapat di abaikan dalam
menjalankan bisnis kreatif, tolak ukur dari bisnis kreatis sendiri adalah dari
keinginan pasar tersebut. Setelah anda mulai menjalankan bisnis tersebut anda
akan menemukan hal – hal baru dalam bisnis kreatif yang akan menambah
pengetahuan anda dan mengembangkan pengetahuan tersebut menjadi strategi dan
rahasia bisnis anda untuk dapat bersaing di pasar lokal maupun pasar global.
Pangsa pasar lokal sangatlah
besar, dengan lebih dari 250 juta penduduk indonesia merupakan potensi bisnis
yang cukup besar, jangan pernah patah arang dengan banyak bisnis kreatif
Indonesia yang lebih dulu hadir sebelum anda, Bisnis Kreatif adalah bisnis yang
mengedepankan sebuah nilai kreatifitas dan seni mengolah sebuah kreatifitas.
Persaingan pasar bukanlah sebuah hambatan karena pangsa pasar Indonesia yang
tinggi tidak akan membuat bisnis anda tenggelam begitu saja.
Semoga artikel ini dapat
membantu menumbuhkan semangat anda untuk tetep konsisten membangun bisnis anda,
semoga bermanfaat dan salam sukses.
0 komentar: