Sunday 1 September 2019

Cara Mengatasi Wifi Android Tidak Bisa Tersambung Ke Jaringan

HP Android tidak bisa konek ke wifi tentu adalah hal yang menyebalkan. Tadinya kita ingin menyelesaikan kerjaan, tugas, atau hanya untuk sekedar download film malah tidak jadi. Ini tentu akan mengurangi produktivitas. Tapi sebenarnya, apa sih yang membuat HP Android kita tidak bisa terhubung ke wifi?

Sebenarnya ada beberapa penyebab. Mulai dari pengaturan yang salah, sampai dengan hardware yang rusak. Semuanya akan dibahas secara lengkap di artikel ini. Jika kamu juga sedang mengalami masalah yang sama, kamu bisa mencoba cara-cara dibawah ini satu persatu.

1. Restart Android
Cara pertama yang bisa kamu coba jika wifi tidak bisa on di Android adalah dengan merestartnya. Merestart Android terbukti ampuh untuk mengatasi berbagai macam error, seperti wifi yang tidak bisa digunakan. Misalnya ketika teman kamus udah bisa terhubung ke suatu jaringan wifi, tapi kamu tidak bisa, kamu bisa coba restart dulu sebelum mencoba cara-cara dibawah ini. Matikan ponsel kamu, kemudian nyalakan kembali dan cobalah untuk menghidupkan kembali wifi. Jika bisa, maka kamu bisa internetan seperti biasa. Tapi jika tidak bisa, kamu bisa menggunakan cara-cara lain dibawah ini.

2. Atur Tanggal Dan Waktu Agar Sesuai
Jika Android tidak bisa konek wifi speedy, mungkin alasannya adalah karena pengaturan tanggal kamu tidak sesuai. Maksudnya waktu saat ini menunjukkan tahun 2019, sedangkan pengaturan waktu di HP Android kamu menunjukan tahun 2018. Maka itu akan menyebabkan wifi tidak bisa terhubung. Untuk mengatasinya, Sobat perlu menyesuaikan waktu di HP Android agar sesuai dengan waktu saat ini.

Ikuti tutorial lengkapnya dibawah ini: 
Buka menu Pengaturan > Sistem > Tanggal & waktu > lalu centang pilihan “Tanggal & waktu otomatis”

Setelah itu ponsel Android kamu akan menyesuaikan waktunya secara otomatis. Lalu cobalah untuk menggunakan wifi di Android seperti biasanya.

3. Hapus Cache Pengaturan Wifi
Adakalanya kamu akan mengalami kasus seperti ini: wifi terhubung tapi tidak bisa browsing pada Android. Itu bisa disebabkan karena cache wifi di Android yang sudah tersimpan, sehingga pengaturannya mengikuti cache tersebut. Sebenarnya penjelasannya lebih kompleks. Tapi, untuk mengatasinya cukup mudah, yaitu dengan menghapus cache pengaturan Android. Hal ini bisa dilakukan dengan mudah dan sangat aman.

Berikut ini adalah langkah-langkahnya:
Buka menu Pengaturan > Aplikasi > Manajemen aplikasi > Pengaturan Wi-Fi > Hapus cache
Selesai.

Setelah itu cache wifi kamu akan terhapus. Berikutnya kamu tinggal coba konek saja ke wifi dan gunakan untuk browsing seperti biasanya.

4. Gunakan Fitur “Lupakan Jaringan”
Kamu sering menggunakan wifi dikampus, tapi tidak suatu hari kamu tidak bisa internetan entah kenapa sebabnya?
Bisa jadi wifi kampus kamu sudah diubah passwordnya.
Tapi Android kamu masih menggunakan password lama untuk mencoba terhubung ke wifi tersebut. Makanya, wifi tersambung tapi tidak bisa internet. Cara mengatasinya juga cukup mudah, kita hanya perlu memanfaatkan fitur “lupakan jaringan” yang ada di Android.

Berikut ini adalah tutorialnya:
Buka menu Pengaturan > Jaringan & internet > Wi-Fi > Jaringan tersimpan > Pilih Wi-fi yang diinginkan > Lupakan

Setelah mengikuti tutorial diatas, kamu bisa menyalakan wifi di Android kamu kembali, lalu login ke jaringan wifi yang kamu gunakan. Setelah mengikuti tutorial diatas, kamu tidak akan lagi mengalami masalah autentikasi wifi Android.

5. Nonaktifkan Antivirus
Sebagian dari Sobat mungkin ada yang menggunakan aplikasi antivirus di Androidnya. Memang, aplikasi-aplikasi antivirus sangat berguna untuk menangkal serangan virus dan malware. Tapi terkadang antivirus juga bisa jadi menyebalkan karena biasanya aplikasi ini akan memblokir jaringan internet dari wifi yang tidak dikenal. Hal ini akan membuat wifi tersimpan tapi tidak terhubung. Kamu bisa coba nonaktifkan antivirus setiap kali ingin menggunakan wifi. Lalu cobalah untuk browsing. Jika berhasil, maka itu artinya memang benar antivirus lah yang meyebabkan Android kamu tidak bisa terhubung ke wifi.

6. Gunakan Aplikasi Wifi Fixer
Diatas adalah cara-cara yang bisa kita gunakan untuk mengatasi Android yang tidak bisa konek ke wifi dengan metode manual. Jika semua cara diatas sudah kamu lakukan tapi Android masih bisa bisa konek ke wifi, maka kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi bernama Wifi Fixer. Fungsi dari aplikasi ini, sama seperti namanya, yaitu untuk memperbaiki wifi yang ada di Android kita. Mulai dari menganalisa jaringan wifi, mempercepat koneksi wifi, dan memperkuat sinyal wifi. Pokoknya aplikasi ini memiliki fitur yang lengkap terkait permasalahan wifi di Android Sobat semua.

7. Gunakan Custom ROM
Jika semua cara diatas sudah kamu lakukan tapi HP Android kamu masih tidak bisa terhubung atau konek ke jaringan wifi, mungkin sistem atau ROM Android kamu mengalami masalah. Cara paling ekstrim yang bisa kamu coba adalah menggunakan Custom ROM. Cara ini akan menghapus sistem lama kamu, kemudian menggantinya dengan Custom ROM Beberapa Custom ROM yang rekomendasikan antara lain bisa kamu baca disini.

Semoga dengan mengikuti tutorial diatas kamu bisa menggunakan wifi di Android lagi.

Selamat mencoba.
Sumber : Androbuntu

SHARE THIS

Author:

Sangat tertarik mengikuti perkembangan info tentang teknologi dan sistem informasi, yang pastinya aku adalah blogger paling usil.

0 komentar: