Tuesday 9 February 2016

Pengertian Internet of Think

Internet of Think

CellTekno – Internet of Think atau sering disebut IoT ternyata sudah cukup berkembang di Indonesia. Seringnya media elektronik dan media online memberitakan tentang IoT (internet of thing) membuat kita penasaran “ Apa sih IoT itu ?”. Dari hasil searching di internet banyak sekali situs-situs yang membahas tentang IoT, bahkan di Indonesia sudah ada komunitas IoT. Lalu Apa itu IoT (internet of thing)?.

Internet of Thing atau sering disebut sebagai IoT merupakan sebuah konsep yang bertujuan memperluas manfaat dari konektifitas internet yang tersambung secara terus menerus. Adapun kemampuan seperti berbagi data, remote control, dan sebagainnya, termasuk juga pada benda di dunia nyata. Contohnya bahan pangan, elektronik, koleksi, peralatan apa saja, termasuk benda hidup yang semuannya tersambung ke jaringan lokal dan global melalui sensor yang tertanam dan selalu aktif.


Pengertian lain dari internet of think adalah sebuah konsep dimana suatu objek yang memiliki kemampuan untuk mentransfer daya melalui jaringan tanpa memerlukan interaksi manusia ke manusia atau manusia ke komputer. Pada 2015 konsep industri berbasis IoT telah merambah kesemua bidang, dan sekarang pada 2016 semua unitnya sudah mulai tersebar di seluruh dunia, sebut saja raksasa elektronik Samsung dan Apple dengan produk-produk gadgetnya kini mulai memproduksi gadget yang barbasis IoT. Produk dari Google berupa Google Glass juga merupakan produk berbasis IoT.

Banyak situs-situs profesional dengan para penulis profesional yang menulis artikel tentang dunia IoT dan perkembangannya, hal ini menjadi bukti nyata bahwa basis teknologi saat ini sudah mulai bergerak ke arah IoT. Bahkan di blog lain menyebutkan bahwa pada tahun 2020 perkembangan perangkat berbasis IoT akan menembus angka 500 miliar unit, bahkan angka tersebut angka semakin bertambah melebihi jumlah populasi dunia.

Pada prinsipnya di sadari atau tidak mungkin gadget yang kita gunakan merupakan gadget yang berbasis IoT, contoh mudahnya gadget Samsung semakin berkembang dengan penambahan sensor-sensor unik pada unitnya, sehingga memudahkan interaksi pengguna dengan perangkat unit. Sehingga terkadang tidak perlu melakukan interaksi langsung dengan unit untuk mendapatkan sebuah konektivitas.

Seberapa penting IoT itu ?
IoT menghubungkan tempat-tempat baru seperti fasilatas transportasi, fasilitas kesehatan, fasilitas hiburan dll. Ketika sebuah benda dapat mewakili dirinya sendirisecara digital, dapat dikontrol dari mana saja. Konektivitas ini berarti lebih banyak data yang akan dikumpulkan dari banyak tempat, dengan lebuh banyak cara untuk meningkatkan efesiensi dan meningkatkan keselamatan dan keamanan.

Manfaat IoT ?
Sangat banyak manfaat dari IoT sepeti pada bidang transportasi, pendidikan dan kesehatan.
Traffic & Transport System
Banyak yang sudah tahu bahwa setiap traffic light atau bahasa kerennya lampu merah di setiap perempatan jalan raya di kota-kota besar memiliki cctv real-time ke sebuah data center, contonya NTMC milik Kepolisian RI, bayangkan jika data hasil rekaman cctv bisa diolah secara otomatis oleh sebuah server yang mampu memprediksi traffic di jalan raya termasuk membuat pengalihan secara otomatis saat terjadi kemacetan sehingga dapat segera mengurai kemacetan tentunya itu sangat membantu sekali.

Kalau boleh lucu-lucuan nih biar yang baca artikel ini gak suntuk, gue pengen banget tu pasang perangkat berbasis IoT buat bebek angon gue biar gak susah nyarinya n ngurus trafiicnya hehe... kita lanjut ke manfaat yang lain.

School System
Sudah banyak sekali sekolah sekolah yang menerapkan e-lerning untuk siswanya. Namun untuk era digital seperti ini hal tersebut tidak akan cukup untuk meningkatkan produktifitas siswa dan gurunya. Dengan IoT siswa bisa mendapatkan materi-materi belajar secara otomatis melalui mobil device yang telah terintregasi ke sistem, bahkan orang tua siswa dapat secara real mengetahui perkembangan belajar anak-anaknya melalui sistem yang telah dibuat. Sehingga dengan IoT para guru dapat melakukan pembelajaran secara efektif dan orang tua dapat monitor perkembangan anaknya.

Health System
IoT mampu menghubungkan pasien dengan dokter untuk berkonsultasi dri jarak yang jauh, disis lain sudah banyak weareble device seperti smart watch yang mapu membaca detak jantung si pengguna sepanjangaktivitas si pengguna tersebut. Bahkan jam pintar tersebut bisa melaporkan rekaman medis seperti detak jantung dan kadar gula ke sebuah data center yang kemudian di olah dan bisa memberikan saran-saran ke pengguna agar bisa meningkatkan kesehatannya.

Kesimpulannya IoT memiliki banyak manfaat yang dapat membantu dan memudahkan aktivitas kehidupan manusia.

Sekarang pertanyaannya apakah kita siap dengan teknologi IoT tersebut ?
Di jawab sendiri ya di comment 


SHARE THIS

Author:

Sangat tertarik mengikuti perkembangan info tentang teknologi dan sistem informasi, yang pastinya aku adalah blogger paling usil.

0 komentar: