Monday, 19 March 2018

Cara Mudah Mengembalikan Data atau File Yang Hilang di Laptop/PC

Pernahkah Anda mengalami kehilangan dokumen atau data baik karena virus, tidak sengaja terhapus atau faktor lainnya? Tentu sangat menyebalkan apalagi jika data tersebut merupakan data penting dan Anda sedang sangat membutuhkan dokumen atau data tersebut.

Tunggu dulu! Anda tidak perlu panik. Seiring berkembangnya teknologi dewasa ini, bukan hal mustahil untuk mengembalikan data yang terhapus di komputer Anda.

Pada dasarnya di keadaan tertentu, data yang terhapus sebenarnya tidak benar-benar hilang dari komputer Anda. Hanya saja memang perlu sedikit “usaha” untuk mengembalikan dokumen tersebut sedia kala.

Berikut cara mudah mengembalikan data yang hilang.

Anda dapat memilih cara-cara berikut sesuai dengan kondisi yang terjadi pada komputer Anda untuk mengembalikan data yang hilang.

Cek Folder Recycle Bin


Saat data di Windows dihapus, file tersebut sebenarnya tidak benar-benar dihapus dari komputer kamu. Windows menampungnya di dalam folder Recycle Bin.

Recycle Bin merupakan fitur bawaan yang secara otomatis terpasang di komputer jika Anda menggunakan sistem operasi Windows. Folder in merupakan kumpulan file atau data yang terhapus secara sengaja maupun tidak. 

Jika file tersebut masih ada di Recycle Bin, Anda dapat bernafas lega. Cukup dengan klik kanan lalu pilih Restore, maka data akan kembali ke tempat awal file tersebut disimpan, dan Anda bisa menggunakan data tersebut.

Gunakan Fitur Restore Previous Versions

Sudah cek di Recycle Bin namun ternyata sudah terhapus? Tenang, Masih ada cara lain untuk mengembalikan data yang hilang dengan menggunakan fitur Restore Previous Versions.

Cara ini merupakan cara yang mudah karena Anda tidak perlu menginstall program khusus untuk recovery file. Namun pastikan sudah mengaktifkan restore point pada komputer Anda.

Berikut merupakan cara mengembalikan file yang terhapus dengan menggunakan Restore Previous Versions. Buka folder diaman data yang terhapus sebelumnya berada, Lalu klik kanan kemudian pilih “Restore Previous versions”. Setelah terbuka kemudian pilih tab “Previous versions”, kemudian pilih folder yang terakhir yang ingin anda restore. Lalu restore ke posisi terakhir sebelum data tersebut terhapus.

Data Anda bisa kembali dan dapat digunakan.

Gunakan Sodtware Khusus Jika Diperlukan

Jika semua langkah diatas tidak membuahkan hasil, maka silakan Anda lakukan langkah terakhir ini, yaitu menggunakan software. Seperti yang sudah saya singgung diatas bahwa saat ini tersedia banyak software yang mempunyai fungsi untuk mengembalikan data terhapus. Banyak juga software yang dapat kita nikmati secara gratis. Bahkan ada software portable, artinya kita menggunakan software tanpa harus menginstallnya terlebih dahulu di Komputer atau Laptop.

Anda bisa menggunakan software Recuva untuk mengembalikan data yang hilang. Software ini bisa kita nikmati dalam versi portable. Kita bisa dengan bebas menggunakan software ini yang kita simpan di Flashdisk tanpa harus menginstallnya. Software Recuva dipercaya sangat ampuh dalam mengembalikan data terhapus dengan melakukan seleksi untuk mencari file di seluruh harddisk secara menyeluruh.

Kemudian Anda juga bisa menggunakan software Undelete 360. Software Undelete 360 bisa kita nikmati secara gratis dan mudah dalam mengoperasikannya. Solusi lain Anda bisa menggunakan software MiniTool Partition RecoveryWise Data Recovery, dan PC Inspector File Recovery.
Ok.

Jika semua langkah diatas hanya mendapatkan hasil nihil, sebaiknya mulai saat ini juga Anda harus rajin melakukan backup file.

Cara Lain :

EaseUS Data Recovery Wizard punya dua versi: gratis dan berbayar. Versi gratis dari software ini tak terlalu terbatas, namun apabila kamu ingin mengembalikan file dengan total lebih dari 500MB, dukungan teknis, upgrade gratis, dan mengembalikan data ketika PC/laptop tidak bisa menyala/booting, maka belilah versi berbayar.

Dalam versi gratis, kamu masih bisa mengembalikan file atau data yang terhapus di PC. Download terlebih dahulu EaseUS Data Recovery Wizard, lalu install sampai selesai.


Setelah install, buka software-nya.
Kamu akan melihat langsung tampilan awal dari aplikasi EaseUS Data Recovery. Pilih salah satu partisi hard disk yang hendak kamu cari file-file atau data yang terhapus. Atau, pilih saja lokasi folder yang spesifik apabila ingin mencari dengan lebih cepat.

Setelah memilih, pilih Scan.

Proses scanning pun akan dimulai. Proses ini berlangsung bergantung pada jumlah file secara keseluruhan dalam partisi yang dipilih. Jika yang dipilih adalah folder yang spesifik, proses scanning akan jauh lebih cepat. Tunggu sampai selesai.

Jika selesai, kamu akan melihat jumlah total file terhapus yang ditemukan, beserta total size-nya.

Di sini, kamu langsung bisa memilih folder yang diinginkan, mencarinya file yang terhapus dengan mudahnya. Untuk mengembalikan, tinggal klik-kanan file tersebut, dan pilih Recover.

Tak punya cukup waktu untuk mengembalikan seluruh data atau file? Kamu bisa menyimpan state atau hasil scanning ini ke dalam komputer. Ini memungkinkan pengguna untuk dapat mengembalikan file di lain waktu.

SHARE THIS

Author:

Sangat tertarik mengikuti perkembangan info tentang teknologi dan sistem informasi, yang pastinya aku adalah blogger paling usil.

0 komentar: