Thursday 30 November 2017

Datally Aplikasi Penghemat Quota Data Internet Dari Google


Google kembali meluncurkan aplikasi terbarunya untuk pengguna Android di Indonesia. Aplikasi bernama Datally ini hadir untuk membantu pengguna memantau dan mengontrol pemakaian internet di perangkat.

Kehadiran aplikasi ini tak lepas dari riset yang dilakukan Google terhadap pengguna smartphone di Indonesia. Berdasarkan riset, pengguna smartphone ternyata sangat memperhitungkan penggunaan kuota internetnya.

"Pengguna kerap merasa smartphone-nya menyedot internet, tapi tak mengetahui pemakaian kuota internetnya untuk apa. Untuk itu, Datally hadir agar pengguna tahu dan mengontrol pemakaian internetnya," ujar VP Next Billion Users Google Caesar Sengupta saat peluncuran Datally di Jakarta, Kamis (30/11/2017).

"Pengguna dapat menghemat rata-rata data hingga 30 persen dari pemakaian internet dengan Datally. Jadi, dari 30 persen itu pengguna dapat memakainya untuk kebutuhan lain," ujarnya menjelaskan.

Adapun cara kerja Datally adalah mematikan kuota internet yang kerap dipakai sebuah aplikasi secara diam-diam (background). Setelah itu, pengguna dapat mengatur penggunaan kuota itu ke aplikasi lain yang lebih penting.

Fitur lain yang juga ditawarkan oleh aplikasi ini pencarian Wi-Fi di sekitar pengguna. Dengan memanfaatkan fitur ini, pengguna smartphone dapat mengetahui jaringan Wi-Fi yang berada di dekatnya.

"Fitur ini nantinya berfungsi mirip Waze, sebab pengguna dapat memberikan penilaian mengenai kualitas jaringan Wi-Fi di suatu tempat dan membantu pengguna lain mendapatkan jaringan yang lebih baik," tuturnya.
Bagian dari Next Billion Users
Sekadar informasi, Datally merupakan bagian dari program Next Billion Users Google. Program ini merupakan upaya dari raksasa internet itu untuk menghadirkan layanan internet yang lebih baik di negara-negara berkembang.
Menurut Caesar, Google memprediksi penguna internet di masa depan akan banyak berasal dari negara-negara berkembang. Karenanya, Google terus berupaya untuk menghadirkan aplikasi dan layanan yang mendukung pertumbuhan tersebut.

"Kami percaya satu miliar pengguna layanan Google selanjutnya berasal dari Indonesia, India, Brasil, dan Filipina. Untuk itu, kami terus berinovasi dan mendorong pertumbuhan penggunaan internet di wilayah tersebut," ujarnya.
Khusus di Indonesia, Google sebenarnya baru saja mengumumkan kehadiran Google Station, sebuah hotspot Wi-Fi yang cepat, aman, dan mudah digunakan. Rencananya internet cepat Google ini bakal hadir tahun ini di ratusan lokasi di Jawa dan Bali.

Kedua, Google membuat asisten virtualnya yang ada di aplikasi chatting Google Allo bisa bicara dalam Bahasa Indonesia. Dengan begitu, pengguna di Indonesia bisa memerintah asistennya dengan Bahasa Indonesia seperti bicara dengan teman.

Adapun  4 fitur utama di Datally yang didesain sesuai kebutuhan pengguna ponsel di Indonesia:
  1. Fitur Penghemat Kuota. Beberapa aplikasi di ponsel sering menggunakan kuota secara diam-diam di latar belakang untuk terus memperbaharui konten dan informasi. Fitur Penghemat Kuota di Datally memungkinkan Anda mengontrol kuota yang digunakan oleh setiap aplikasi, sehingga kuota bisa dimaksimalkan pada aplikasi yang Anda sukai. Pengguna yang telah menguji aplikasi ini sebelumnya mengatakan bahwa Datally dapat menghemat kuota ponsel hingga 30%, bergantung pada cara mereka menggunakan Datally. 
  2. Balon Penghemat Kuota. Setelah Penghemat Kuota diaktifkan, balon Penghemat Kuota di Datally akan muncul. Balon ini akan menampilkan jumlah penggunaan kuota terhadap sebuah aplikasi, dan pengguna bisa memilih untuk memblokir penggunaan kuota di aplikasi tersebut jika penggunaan kuota sudah mulai tak terkendali. Balon Penghemat Kuota ini berfungsi seperti spidometer untuk kuota ponsel Anda
  3. Fitur Kelola Data. Datally akan memberitahu Anda jika sebuah aplikasi menggunakan kuota dalam jumlah yang banyak, serta berapa banyak kuota yang Anda gunakan per hari, per minggu, hingga per bulan.
  4. Fitur Temukan Wi-Fi. Ada kalanya Anda ingin menggunakan lebih banyak kuota dari paket yang mereka miliki, seperti saat mereka ingin menonton video. Fitur Temukan Wi-Fi di Datally dapat membantu menemukan jaringan Wi-Fi di sekitar yang telah dinilai oleh komunitas Datally. Setelah terhubung, pengguna dapat memberikan rating Wi-Fi yang digunakan berdasarkan pengalamannya sendiri.
Datally telah sebelumnya diuji selama di Filipina sepanjang tahun 2017. Datally tersedia di Google Play Store secara global mulai hari ini, dan berfungsi di semua ponsel Android dengan minimal OS versi 5.0 (Lollipop).
Sumber :
Liputan6.com
Gadget.jagatreview.com



SHARE THIS

Author:

Sangat tertarik mengikuti perkembangan info tentang teknologi dan sistem informasi, yang pastinya aku adalah blogger paling usil.

0 komentar: