Friday 5 January 2018

Ancaman Mengerikan di Dunia IT

Di kutip dari jalantikus.com. Siapa yang tidak punya smartphone? Semua orang pasti punya smartphone dengan berbagai alasan. Lebih dari sekadar urusan komunikasi, smartphone adalah hasil produk kecanggihan teknologi. Semua bisa dilakukan dengan satu klik yang kamu buat di smartphone.

Teknologi merupakan kemajuan intelektual manusia paling luar biasa tapi juga mengkhawatirkan. Ketakutan akan penyusup, hacker ataupun virus dirasakan hampir seluruh pengguna teknologi di dunia. Di balik efek manfaatnya yang luar biasa, kecanggihan teknologi bisa berbalik menyerang rasa aman terlindungi dari exploitasi ancaman data. Sebenarnya apa saja sih berbagai ancaman itu?

1. Financial malware

Hampir semua bank punya sistem keuangan yang diwujudkan dalam aplikasi yang bisa diinstall di smartphone. Nah sebenarnya ancamannya lumayan serius, mulai dari seseorang yang bisa saja membobol uang di rekening kamu sampai pada data-data perusahaan yang bisa diretas oleh virus financial malware tersebut.

Kejahatan financial ini pun semakin terorganisir. Tapi jangan khawatir karena proteksi para institusi finansial pun tak kalah keren.
2. Botnets

Secara tidak langsung komputer kamu merupakan pembawa malware yang berbahaya. Begitu virus tersebut berhasil melewati jaringan komputer, mereka akan menjalar tanpa ampun. Semua aplikasi akan terdeteksi dan dijerat. Bukan hanya itu, Botnets bak ketua geng yang mengumpulkan teman-teman virusnya. Botnets dikenal sangat berbahaya karena sering digunakan sekumpulan kelompok kriminal untuk menyebarkan malware.

3. Jaringan Seluler Hacking

Ok lah sob, kamu boleh bilang bahwa komputer kamu terlindungi dengan proteksi anti virus, namun risiko virus menjangkiti smartphone boleh dibilang lumayan serius. Perkembangan smartphone begitu cepat dan tidak hanya terdiri dari perangkat komunikasi saja.

Teknologi smartphone berkembang cepat dan sama rumitnya dengan komputer. Semua data pribadi termasuk keuangan sudah masuk dalam radar para hacker. Parahnya lagi para hacker tersebut bisa menyewa botnet dan memasukkan berbagai penipuan klik atau sejumlah cybercrime.

4. Sosial Media Snooping

Semua orang pasti punya sosial media bahkan ga bisa hidup tanpa membuka sosial media dalam sehari. Coba sob kamu hitung berapa kali sehari kamu cek sosmed, pasti lebih dari 3x sehari, mirip minum obat. Nah, kalo kamu suka banget berinteraksi lewat sosial media, coba deh atur lagi pengaturan privasi kamu.

Selektiflah terhadap orang-orang yang kamu add sebagai teman maupun share semua hal tentang kamu termasuk foto profil dan lokasi kamu tinggal bahkan semua link yang kamu share serta opini kamu terhadap isu apapun. Kenapa? Sekarang banyak orang menyelidiki atau ingin tahu latar belakang kamu via sosial media loh, bahkan mungkin termasuk boss kamu.

5. Cyberwarfare

Ada virus komputer berbahaya yang ditemukan bulan Oktober 2011 bernama Duqu. Virus tersebut ternyata menghubungkannya dengan virus lain yang ditemukan tahun 2010 yang diberi nama Stuxnet. Virus-virus tersebut diklaim sebagai virus yang diciptakan otoritas setempat untuk tujuan militer atau Cyberwarfare. Virus-virus itu digunakan untuk mengambil data-data penting dan menggunakannya secara ilegal.


SHARE THIS

Author:

Sangat tertarik mengikuti perkembangan info tentang teknologi dan sistem informasi, yang pastinya aku adalah blogger paling usil.

0 komentar: